Mau Belajar Bikin Komik ??


"Bukan..!!" itu adalah jawaban yang saya lontarkan atas pertanyaan yang ada di pikiran kalian, hahaha.. Saya tidak se-narsis dan setampan itu tetapi lebih tampan. Gambar di atas merupakan karakter saudara Ian yang dibuat oleh dia dan seorang temannya, saya colong gambar tersebut dari si empunya blog, terus edit backgroundnya dan kasih talk buble beserta text biar lebih maknyus. Sebenarnya postingan ini bukan membahas gambar di atas, tetapi menanggapi pertanyaan beberapa pengunjung blog ini tentang cara membuat komik.

Kebanyakan pengunjung blog ini menanyakan cara membuat komik, dan ada juga yang minta diajari. Menanggapi hal itu, saya senang sekaligus bingung. Senang karena mendapat respon positif, tetapi bingung memikirkan jawaban atas pertanyaan mereka. Terus terang saja, saya bikin komik juga asal-asalan tanpa belajar dan hasilnya pun sangat mengecewakan, lihat saja komik pada postingan awal saya ngeblog, gambarnya tidak ada yang bagus, mulai dari pengaturan warna, bentuk dan bordernya. Kalau guru SD suruh menilai komik itu, pasti dikasih nilai 9, padahal nilai tertinggi 100.

Kesimpulannya adalah, saya belum mampu membuat tutorialnya, karena sama-sama masih belajar (maaf sob..). Saya sarankan belajar pada orang yang tepat dan memang pas di bidangnya supaya mendapat hasil yang maksimal. Terus siapa orangnya?? ya..dia adalah Ian, mampir saja ke tempatna di zonanarsis.com (mungkin ada yang tahu tempat lain bisa di share di sini). Aplikasi yang dia pakai juga sama dengan saya, yaitu Adobe Photoshop (lah wong saya juga belajarnya dari dia). Jadi, zonanarsis memang blog tutorial  photoshop dan sejenisnya, tutorial bikin komiknya juga banyak dan mudah dipahami.Silahkan meluncur ke TKP, atau..(dibawah masih ada lagi lho..)

Kalau kurang sreg dengan Photosop, bisa pakai aplikasi lain seperti Inkscape, Gimp, Adobe  Illustrator dan aplikasi pengolah gambar lainnya, tetapi link download dan tutorialnya cari sendiri ya, atau tanya paman Google :D

Hmm..biasanya orang Indonesia suka sama yang instan. ya sudah, saya kasih link untuk membuat komik secara instan, tinggal pilih karakter dan masukan teks tanpa repot menggambar sendiri. Tapi ingat, jangan bikin komik SARA atau porno..!! silahkan ke TKP strip creator , strip generator , toondoo , make beliefs comix , dan pixton. Itu yang saya tahu, kalau ada yang mau menambahkan silahkan.
alay detected
Ini adalah contoh komik yang saya buat di toondo

Postingan ini sebagai wujud tanggung jawab moral saya bagi semua yang sudah bertanya, membaca, komen, ataupun cuma mampir di sini (jaelah, bahasanya berat cuy..) sekali lagi saya minta maaf karena belum mampu membuat tutorialnya, jadi saya kasih referensi saja. Sebelum ke TKP, komen dulu ya. Biar blognya keliatan ramai :P

UPDATE
Ternyata yang diomongin mampir,haha..malu saya. Ini ada refrensi tambahan dari si empunya zonanarsis,  langsung saja ke TKP, saya sudah mampir ke DA dan kaget, gambarnya simpel tapi keren banget !!

28 komentar:

makasih infonya....bisa untuk belajar.
pinter menggambarnya tetep diutamakan??

pakde ini tergolong orang yang "susah ber- imajnasi" kayaknya susah deh kalau buat komik

belajar ototidak aja keren gini, bagaimana kalau benar2 mempelajari serius?
hasil karyanya pasti OK banget.
sukses terus ya!

langsung saya catat link-nya sobat, kayaknya harus punya banyak waktu ya, siapa tahu nanti saya sempat mempelajari membuat komik. terimakasih ya .... salam kenal

Wahhh makin mudah aja ya bikin komik..... tapi kalo yang instan ga jadiin kreatif donk gan?? hehhhe

Nice :)
tapi mau pake yang instan ato bikin sendiri, yang 'mahal' itu idenya kang ^^

@mba narti anak & dapur: sama-sama mba, makasih juga :D

@pakde sulas: wah pakde sukanya merendah nih

@Ari: silahkan, gratis ko

@akhatam: kreatif lah bang, cuman lebih puas bikin sendiri, biarpun gambarnya kurang bagus :)

@Bonar: cocok tuh bon :D

heheh klo aku suka menikmati saja, nyerah deh klo suruh bikin komik ngaco tar :)

Bikin komik ? wah...kayaknya nyerah deh, soalnya ngga bisa gambar...he...he. tapi kalo dipikir-pikir kayaknya enak nih kalo kita kolaborasi, situ bikin komik saya yang bikin ceritanya, gimana ? he...he

Makasih dah mampir
Salam hangat & sukses selalu...

Oh ya saya follow blognya
Follow balik ya...:)

apakah bs pingin buat komik tp ga bs gambar.. tp pny imajinasi yg tinggi ^_^

wah bikin komik....paling enak pake illustrator tuh Sob....aku juga graphic designer kaya sobat...tp berhubung di kerjaanku ga ada yg nyuruh bikin komik jadi ya ikut atasan aja lah ......

jadi ikutan mo beLajar nih. trims atas informasinya.
------------
kunjungan perdana, saLam kenaL.

ahahahaah ketawa baca komik singkat dua panel diatas

skripsi saya dulu tentang komik, tapi minta tolong sama anak seni rupa, habis saya nggak bakat...

kalau pak like ini paling malas disuruh gambar menggambar .... soalnya cuman bisa gambar benang mbulet ....

maju terus sob ... selamat berkreasi ...

@richoyul: ga pa2 bang :)

@boleh juga idenya bang,sip dah.hehe..

@Karlz: bisa bos, kan di atas ada link situs bikin komik

@Ferdinand: ane bukan graphic designer bang, ane belum dan tidak ada niat murtad dari akuntansi :( ada graphic designer,jadi malu :D

@om rame: sama-sama om

@kucing tengil: oke deh bu:D

@pen lab:haha curang

@pak liek: gambar cewe cantik pasti jago :D

mmm.....

sayangnya saya lbh suka membaca saja ....(terima jadi) (dasar konsumen) :D

ngomic @puskom unjedir

hahaahahaaa

kasian yang baca tar klo aku bikin komik heheh

waw kalau juh nam tidak bakalan autis lagi .... tapi tambah bego bin goblog ... masak habis tujuh kok enam ...

mending jadi pembaca aja deh.
ga ad bakat bikin komik-komikan. hha :)

Ureeeeehhhh I lap yu dehhh
tengkyu ya..
maav baru mampir diriku
ini yang aku tunggu..

sayangnya aku ngga bisa Photosop
aku bisanya Photo 4x6 10 lembar
hehehe

@skydrug: kaga apa bang

@jupe: haha..

@richoyul: haha kko bisa??

@Pak liek: eh,iya juga ya??kalo samsu bener tuh

@thya:ya makanya belajar bu :)

@itik: wkwkw..iya iya, asal jangan foto yasin ya :P

Tuing.. walah saya tidak tau kalau ada yang me"affliate"
( halah bahasanya ) situs saya disini.

Soal membuat komik juga sebenarnya agak-agak sulit sih oleh karena itu di bilang ahli juga saya gak juga, palingan saya hanya menshare bagaimana cara menggambar dan bagaimana mengaplikasinya ke dunia maya (digital maksudnya).

Namun tentu saja yang membuat ulit membikin komik itu "ide cerita" karena saya hobby bikin komik strips ( walaupun gak banyak dan ketahuan saya gak terlalu suka buat komik yang detail) ide cerita sungguh sulit di dapat.

apalagi komik strip humor duh benar-benar pusing memikirnya, gimana gak pusing membuat orang ketawa atau minimal tersnyum melihat komik 2 atau 3 panel sangatlah sulit. Jelas sulit menjadikan cerita dalam gambar yang singkat butuh keringat dan air mata (lebay mode: on )

yang jelas saya sangat salut buat anda dan teman-teman komik strip lainnya. referensi saya coba anda cek ke DA ni orang http://artdimboy.deviantart.com/ <-- referensi banget nih.

gila banget tu orang saya banyak belajar dari dia secara otodidak dengan melihat karya-karyanya, super konyol dan unik. atau mungkin anda juga tau ni orang, ya setidaknya pengunjung blog anda belum tau..

terima kasih pokoknya buat ureh ( bener kan ni nama kamu?) salam kenal semoga bisa menjadi teman diskusi yang baik..

waduh..yg diomongin dateng :P
ya memang, bikin komik itu susah cari idenya, yang menurut kita lucu, belum tentu lucu bagi pembaca. yah..yang penting berusaha saja :)

yup, salam kenal juga Ikaz (padahal saya nyebutnya Ian,hehe..) sukses buat tutorialnya :)

btw, postingannya udah saya update. saya tambahin reffrensinya

Susah nggak sih
say masih buta photoshop nih

aduuuh...
klo pke photoshop aku masih belum lancar kawan...
klo pke corel draw bisa gx???

makasih inponya gan.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dan jangan lupa mampir lagi :D

Followers